Itulah pertanyaan awal yang terbersit di awal usaha ini dimulai..kenapa di kota ini tak ada satu pun kaos layaknya Dagadu Jogja, Joger Bali, C59 Bandung, Cakcuk Surabaya,,dan lainnya Medio Maret-April 2008 pertanyaan itulah yang kami diskusikan
saya dan istri tercinta (Ferry dan Anna)

adik iparku yang imut (Ayie)

adik iparku yang imut (Ayie)
Kurang lebih 2 bulan setelah perkawinan kami hal tersebut sering kami diskusikan di akhir minggu saat bertandang ke rumah mertua..Banyak pemikiran sebelum terjun ke bisnis ini..Bahkan tak jarang kami berdebat dengan sengit hehehee..lebay..
Yah..pernah sih ditegur sama mertua saya "ngapain tuh ribut ?" karena masih bentuk wacana jadi kami sungkan untuk memberi tahu ke beliau..maaf ya ma..
Dimulai dari membicarakan seringnya kita jalan-jalan ke kota lain trus bawa oleh2 kaos dengan kualitas bagus sekelas beberapa merk yang saya sebut tadi diatas..Animo masyarakat sekarang yang banyak memilih Kaos sebagai pakaian sehari-hari terutama anak-anak muda yang di tandai dengan banyaknya distro di Banjarmasin yang bak jamur di musim hujan..Kunjungan wisatawan dari luar daerah yang datang ke Kalimantan Selatan..Keberlangsungan usaha kaos khas Banjarmasin yang dulu pernah ada dan kini tak terdengar lagi ditelan waktu..Peluang pasar usaha ini sampai siapa dan peran apa yang diambil dalam menjalankan bisnis ini..
Tak jarang setelah kita berdua pulang ke kota Pelaihari (sekitar 65 km dari Kota Banjarmasin) adik ipar saya menelpon sekedar memberi tahu bahwa dia punya ide atau hal baru yang harus dibicarakan segera..setelah sampai pada kesimpulan bisnis ini harus segera dilaksanakan agar tidak mengendor lagi semangatnya kan rugi dah berdebat sampai membuat perut lapar dan urat saraf tegang masa ujung-ujung nya nda jadi....hehehe..
Mulailah kami membicarakan merk buat kaos ini apa ?..setelah dengan berbagai argumen didapat kata yang mewakili ke"Banjaran"nya..yakni Hy-Munk (himung) yang artinya dalam bahasa banjar adalah senang atau gembira..dan ditambahkan kalimat "matan banjar wal ai.." (teman..saya dari banjar)..sehingga menjadi satu kesatuan kalo diartikan merasa gembira setelah berkunjung ke Banjar (Benua Banjar/Kalimantan Selatan) itulah harapan kami untuk para pengunjung, wisatawan luar daerah yang datang ke KalseL dan membeli produk kami tentunya..
Selanjutnya yang kita pikirkan adalah lambang produk Hy-Munk ini apa ? ada beberapa pilihan yang pertama ikan Haruan (ikan Gabus) karena merupakan jenis ikan favorit masyarakat banjar tentunya orang banyak yang mengenalnya..namun ide ini gugur dengan sendirinya hehehe..penampakannya menyeramkan hehehe.. Kemudian diambil lagi dari fauna yang menjadi maskot Kalimantan Selatan yaitu Bekantan..setelah nyari2 gambarnya dan kami diskusi lagi bekantan pun tak terpilih dengan alasan belum terwakilkan ke"Banjaran"nya..hehehe..pusing dah..dan ditengah tegang-tegangnya pembicaraan usaha ini..adik ipar saya menarik diri dari diskusi usaha ini..tentunya ini sempat membuat kami agak guncang hahahaa...yah akhirnya saya dan istri saya aja yang membicarakan keberlangsungan diskusi kami yang sudah sampai tahap penentuan logo produk..Ditengah2 kebuntuan diskusi kami..Allah SWT sangat lah pemurah memberi saya ihlam memakai rumah Banjar sebagai logo..setelah diutak atik di komputer kami berdua sepakat memakai logo tersebut..
Yah..pernah sih ditegur sama mertua saya "ngapain tuh ribut ?" karena masih bentuk wacana jadi kami sungkan untuk memberi tahu ke beliau..maaf ya ma..
Dimulai dari membicarakan seringnya kita jalan-jalan ke kota lain trus bawa oleh2 kaos dengan kualitas bagus sekelas beberapa merk yang saya sebut tadi diatas..Animo masyarakat sekarang yang banyak memilih Kaos sebagai pakaian sehari-hari terutama anak-anak muda yang di tandai dengan banyaknya distro di Banjarmasin yang bak jamur di musim hujan..Kunjungan wisatawan dari luar daerah yang datang ke Kalimantan Selatan..Keberlangsungan usaha kaos khas Banjarmasin yang dulu pernah ada dan kini tak terdengar lagi ditelan waktu..Peluang pasar usaha ini sampai siapa dan peran apa yang diambil dalam menjalankan bisnis ini..
Tak jarang setelah kita berdua pulang ke kota Pelaihari (sekitar 65 km dari Kota Banjarmasin) adik ipar saya menelpon sekedar memberi tahu bahwa dia punya ide atau hal baru yang harus dibicarakan segera..setelah sampai pada kesimpulan bisnis ini harus segera dilaksanakan agar tidak mengendor lagi semangatnya kan rugi dah berdebat sampai membuat perut lapar dan urat saraf tegang masa ujung-ujung nya nda jadi....hehehe..
Mulailah kami membicarakan merk buat kaos ini apa ?..setelah dengan berbagai argumen didapat kata yang mewakili ke"Banjaran"nya..yakni Hy-Munk (himung) yang artinya dalam bahasa banjar adalah senang atau gembira..dan ditambahkan kalimat "matan banjar wal ai.." (teman..saya dari banjar)..sehingga menjadi satu kesatuan kalo diartikan merasa gembira setelah berkunjung ke Banjar (Benua Banjar/Kalimantan Selatan) itulah harapan kami untuk para pengunjung, wisatawan luar daerah yang datang ke KalseL dan membeli produk kami tentunya..
Selanjutnya yang kita pikirkan adalah lambang produk Hy-Munk ini apa ? ada beberapa pilihan yang pertama ikan Haruan (ikan Gabus) karena merupakan jenis ikan favorit masyarakat banjar tentunya orang banyak yang mengenalnya..namun ide ini gugur dengan sendirinya hehehe..penampakannya menyeramkan hehehe.. Kemudian diambil lagi dari fauna yang menjadi maskot Kalimantan Selatan yaitu Bekantan..setelah nyari2 gambarnya dan kami diskusi lagi bekantan pun tak terpilih dengan alasan belum terwakilkan ke"Banjaran"nya..hehehe..pusing dah..dan ditengah tegang-tegangnya pembicaraan usaha ini..adik ipar saya menarik diri dari diskusi usaha ini..tentunya ini sempat membuat kami agak guncang hahahaa...yah akhirnya saya dan istri saya aja yang membicarakan keberlangsungan diskusi kami yang sudah sampai tahap penentuan logo produk..Ditengah2 kebuntuan diskusi kami..Allah SWT sangat lah pemurah memberi saya ihlam memakai rumah Banjar sebagai logo..setelah diutak atik di komputer kami berdua sepakat memakai logo tersebut..

Nama produk udah ada..Logo udah..selanjutnya masalah desain Kaos yang akan kita buat seperti apa?? tunggu di postingan selanjutnya...
boleh ngga klo aq ngirimin designnya....
BalasHapusaq mw bikin konsep kya gini juga..
BalasHapustpi sasaran pasarnya buat anak muda. pengen nya mw di masukkin di distro atau clothing sjenisnya..
mw join???