Minggu, 18 Januari 2009

Boneka Bekantan Hy Munk akan segera hadir..

Bekantan atau dalam nama ilmiahnya Nasalis larvatus adalah sejenis kera berhidung panjang dengan rambut berwarna coklat kemerahan dan merupakan satu dari dua spesies dalam genus tunggal kera Nasalis.


Awalnya pengen bikin yang kaya gini neh

Ciri-ciri utama yang membedakan bekantan dari kera lainnya adalah hidung panjang dan besar yang hanya ditemukan di spesies jantan. Fungsi dari hidung besar pada bekantan jantan masih tidak jelas, namun ini mungkin disebabkan oleh seleksi alam. Kera betina lebih memilih jantan dengan hidung besar sebagai pasangannya. Karena hidungnya inilah, bekantan dikenal juga sebagai monyet Belanda. Dalam bahasa Brunei (kxd) disebut bangkatan.

Ini dah mirip Bekantan aslinya

Bekantan jantan berukuran lebih besar dari betina. Ukurannya dapat mencapai 75cm dengan berat mencapai 24 kg. Kera betina berukuran 60cm dengan berat 12kg. Spesies ini juga memiliki perut yang besar, sebagai hasil dari kebiasaan mengkonsumsi makanannya. Selain buah-buahan dan biji-bijian, bekantan memakan aneka daun-daunan, yang menghasilkan banyak gas pada waktu dicerna. Ini mengakibatkan efek samping yang membuat perut bekantan jadi membuncit.


Boneka Bekantan Hy Munk

Bekantan tersebar dan endemik di hutan bakau, rawa dan hutan pantai di Pulau Kalimantan. Spesies ini menghabiskan sebagian waktunya di atas pohon dan hidup dalam kelompok-kelompok yang berjumlah antara 10-32 kera. Bekantan juga dapat berenang dengan baik, terkadang berenang dari satu pulau ke pulau lainnya.(wikimedia)

Bekantan merupakan maskot fauna provinsi Kalimantan Selatan. Sebagai wujud ikut memperkenalkannya kepada masyarakat luas Hy Munk menghadirkan Boneka Bekantan. Semoga nasib bekantan di habitat aslinya yang ada di Pulau Kaget semakin di perhatikan lagi oleh pemerintah Kalimantan Selatan.

Share

5 komentar:

  1. lucu nya....... berapa jarrr.. gratis kahhh
    hehehe

    BalasHapus
  2. Hai hymunk..
    Wah, aku mohon maaf yg sebesar besarnya ya..
    Karena ganti template beberapa hary yg lalu, link hymunk ilang..
    Jadi gak tau kalau hymunk update artikel..
    Tp sekarang udah aq pasang kok..
    Maaf ya..
    Tentang artikel..
    Boleh juga tuch..
    MenurutQ gak mirip aslinya juga gak pa pa, asal lucu aja..
    Biasanya pembeli suka yang lucu lucu..

    BalasHapus
  3. cakep,cakep, cuakep! mau!mau!mau!
    he3x.. bagus bang ia bonekanya. waktu pomnas semalam handak banar dah ulun cuntan sebuting, tapi keingatan jar Abah Guru kada boleh, kada wani ai. kena mun ada libur panjang ulun ada ai bejalanan ke wadah pian. ulun bahari smp2, jadi banyak kawanan di parak2 wadah pian.

    BalasHapus
  4. wahhh... keren keren... jadi pengen satu nih buat koleksi, hehehe..

    BalasHapus