Minggu, 09 Agustus 2009

Kaos Hy Munk Studi Banding ke Palembang

Sebenarnya perjalanan ini berawal dari study banding dari tempat saya bekerja ke Palembang selama 2 hari nah karena ada waktu yang bisa dimanfaatkan sekalian nyari oleh-oleh, saya berkunjung ke beberapa teman yang juga menjual kaos souvenir di kota Palembang.
Kotanya sangat rame dan merupakan salah satu kota besar di Indonesia sekaligus merupakan ibu kota dari Provinsi Sumatra Selatan. Palembang adalah kota terbesar kedua di Sumatra setelah Medan. Kota ini dahulu pernah menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya sebelum kemudian berpindah ke Jambi.

Kehidupan masyarakat yang memanfaatkan sungai sangat mirip dengan aktifitas masyarakat kota Banjarmasin bahkan perahu/jukung yang digunakan serupa perahu tambangan khas Suku Banjar, dan yang juga sangat menarik perhatian saya adalah ternyata di kota ini juga banyak hilir mudik kapal penarik tongkang mengangkut Batubara yang melintasi Sungai Musi. Landmark kota yang sangat khas adalah Jembatan Ampera bentuknya pun sangat mirip dengan Jembatan Barito..


Jembatan Ampera di kala senja

Kunjungan saya yang pertama adalah Kaos Unique Palembang City, yang terletak di Jalan Bangau no. 2, kel 9 ilir, Palembang, menempati sebuah ruko yang lumayan besar, desain kaosnya sangat bagus dan khas kota Palembang tentunya. Selain kaos buat souvenir toko ini juga menyediakan koleksi baju-baju wanita dan juga aksesoris baik jam tangan maupun aksesoris lainnya. Jembatan Ampera dan Pempek kuliner khas kota ini juga dijadikan desain kaos, dari tempoat inilah saya memperoleh informasi kalo di Pelembang yang menjual Kaos Souvenir ada beberapa tempat.



Kaos Unique Palembang

Selanjutnya yang saya kunjungi Kaos Mei-Mei.. menempati ruko yang juga bersebelahan dengan tempat penjualan Pempek Candy di samping RS Charitas di Jalan Jenderal Sudirman, selain kaos di tempat ini juga menyediakan produk lain ada topi, mug ,pin, boneka pengantin, makanan ringan buat oleh-oleh dan juga kain songket. Lagi-lagi jembatan Ampera yang menjadi desain utama kaosnya. Rukonya sangat bersih, pengunjung yang biasanya berkunjung ke Pempek Candy menyempatkan untuk mampir di Kaos Mei-Mei ini, dan ternyata pemilik nya pun sama..hhhmmm..salut menyandingkan wisata kuliner dan wisata belanja.
Mudah-mudahan suatu saat nanti apabila Tuhan mengijinkan Kaos Hy Munk juga bisa melakukan hal yang sama menempati Ruko dengan berbagai produk sebagai sentra oleh-oleh khas Kota Banjarmasin. Amiin..

Kaos Mei-Mei

Boneka Pengantin dan Mug

Tempat penjualan Kaos Souvenir yang terakhir saya kunjungi adalah Kaos Kelakar yang terletak di Jl. Merdeka samping Perguruan PPKP Palembang, harga yang ditawarkan relatif lebih murah dari dua tempat yang saya kunjungi sebelumnya, menempati toko di pinggi jalan yang lumayan rame, di tempat ini juga dijual berbagai motif gantungan kunci dengan motif Jembatan Ampera..hhhmmm..rupanya saking sangat diminati konsumen Jembatan Ampera sangat banyak di angkat dalam desain souvenir..Ukuran Kaos dari Kaos Anak-anak hingga Dewasa.



Kaos Kelakar

Senang rasanya bertemu langsung dengan kawan-kawan yang juga mempunyai usaha Kaos Souvenir..banyak informasi yang menarik didapatkan, saling tukar wawasan dan pengalaman masing-masing, menjadikan kami semakin termotivasi untuk terus bekarya dan mengembangkan Kaos Hy Munk menjadi lebih baik lagi..dan mudah-mudahan Pariwisata di Kalimantan Selatan terus maju sehingga tingkat kunjungan wisatawan meningkat, karena secara tidak langsung usaha yang kami jalankan ini sangat tergantung dengan kunjungan wisatawan ke Kalimantan Selatan..
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar