Minggu, 24 Juli 2011

Kaos Hymunk di Audisi Start Up Icon Banjarmasin

Di Banjarmasin, audisi ini diikuti oleh 15 kontestan dari 250 audiens yang hadir di Ballroom Rattan Inn Hotel. Audisi di Banjarmasin yang diramaikan oleh komunitas Honda Revo dan Supra berlangsung dengan semarak. Dipimpin oleh para juri yang memang expert di bidangnya, Antonius Silitonga, selaku general manager dari PT Honda Trio Motor, main dealer Honda Banjarmasin, Bapak Yusran Pare selaku pimred Banjarmasin Post, Ibu Diana Rosianti selaku Area Manager Kalimantan Smart FM, Ibu Siti Yulian Noor selaku Branch Manager Syariah Banjarmasin Bank Kalsel, dan Waizly Darwin selaku Chief Operations Marketeers. Alhamdulillah Kaos Hymunk mendapatkan Juara II dalam Kontes Wirausaha Muda ini..

Berawal dari keinginan untuk memperkenalkan atau mengangkat budaya Banjar kepada masyarakat luas khususnya anak muda Banjarmasin itu sendiri dan juga karena belum adanya alternatif oleh oleh yang lebih mudah dan simpel untuk para wisatawan yang datang ke Banjarmasin, kami berinisiatif untuk menjual produk produk yang bertemakan budaya Banjar dengan memberi Brand Hy-Munk (artinya senang ) pada produk kami .


Awalnya memulai Hy-munk ini dengan modal yang sangat minim, modal awal yang saya miliki itu hanya cukup untuk memesan beberapa lusin kaos tapi saya tetap memberanikan diri saya untuk memulai Usaha ini. Pertama kali saya mulai memperkenalkan Hy-munk ini, yaitu pada Festival Pasar Trapung pada tahun 2008 dengan berjualan Emperen dalam event tersebut dan ternyata tak disangka tanggapan masyarakat Banjarmasin maupun wisatawan yang datang sangat baik terhadap produk Hy-Munk ini.

Dengan keterbatasan modal yang saya miliki, saya pun memutar otak bagaimana caranya mempromosikan Hy-Munk ini kepada masyarakat. Lalu saya mencoba mendatangi dan memperkenal Hy-Munk ini kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pariwisata dan juga menjadi mitraa binaan salah satu perusahaan BUMN dengan harapan untuk dibantu dalam mempromosikan Hy-Munk kepada masyarakat dan ternyata mereka memberikan respons yang sangat baik, saya diberi kesempatan untuk mengisi stan dinas dan perusahaan BUMN tersebut dalam pameran yang diselenggaran dikota saya dan terkadang produk Hy-Munk juga dibawa keluar daerah oleh mereka. Selain itu saya juga diberi beberapa kali pelatihan pelatihan untuk UKM.


Hy-munk juga berpromosi melalui media online, yaitu aktif membangun komunitas di Facebook, Kaskus dan juga blog. Melalui media online, saya bisa mempromosikan Hy-munk dengan Efektif, cepat, jangkauan luas, dan murah. Tidak hanya itu melalui media online juga Hy-munk bisa berbagi pengetahuan tentang kebudayan banjar, dan kegiatan kegiatan kebudayaan pada masyarakat setiap saat. Akhirnya, kami ingin membuat masyarakat Banjarmasin merasa semakin dekat dengan Hy-Munk.

Promosi Hy-munk lainnya adalah dengan Aktif ikut berpatisipasi dalam event /kegiatan sosial budaya, dan bekerjasama dengan salah satu TV swasta lokal dengan menjadi sponsor salah satu acara mereka dan kami pun mendapatkan promosi gratis dari TV tersebut. Dengan cara ini, diharapkan Hy-munk semakin dikenal masyarakat.

Saya menjalankan bisnis ini dibantu oleh kaka saya (Anna Apriyanti) dan suaminya (Ferry Kusmana) dan kami melakukan pembagian tugas dalam menjalankan Usaha Hy-Munk ini.

Dalam perjalanannya Hy-munk terus mengalami peningkatan, sekarang tidak hanya kaos namun juga ada suvenir lainnya seperti gantungan kunci, mug, topi, dan boneka bekantan yang merupakan maskot dari Kalimantan Selatan. Untuk masalah persaingan, tidak begitu ketat karena Hy-munk menjual produk yang lebih spesifik dan belum ada usaha yang sejenis yang muncul. Jadi sekarang Hy-Munk adalah satu satunya produk berkualitas yang mengangkat budaya Banjar di Banjarmasin. Jika pun nanti ada pesaing yang muncul maka itu, saya jadikan sebagai motivasi agar semakin lebih giat dalam berinovasi dan lebih kreatif dalam membangun usaha Hy-Munk ini.


sumber :

http://the-marketeers.com/archives/berbisnis-sambul-promosikan-budaya-banjar.html

http://the-marketeers.com/archives/hari-ini-audisi-honda-startup-icon-digelar-di-banjarmasin-dan-jakarta.html

Share

1 komentar:

  1. Salaaam bakawanan :)


    oh iya sedikit saran neh,, lebih baik di sisi kiri itu badge Fans Fage aja yang dipasang :) jangan Fb yg tipe personal ,, coz kalo yg personal itu kan mesti di add dulu,, kalo fan page tinggal like haja :)

    SALUUUUt sagan Hy MUNk, kreatiiif,,
    kapan2 auk handak main2 ke tempat situ,, handak manukar baju yang batulisan blogger banjarnmasin,,, adakah lagi yoo

    BalasHapus